Sebagian siswa telah
salah dalam menerapkan strategi ketika menghadapi pelaksanaan Ujian Nasional.
Mereka terlalu fokus kepada nilai mata pelajaran tertentu sehingga cenderung
melupakan peluang untuk mendapatkan jumlah nilai yang tinggi. Bila dibandingkan
dengan ketiga mata pelajaran Ujian Nasional yang lain, bahasa Indonesia
dianggap yang paling “mudah” sehingga terkadang disepelekan. Pendapat tersebut
adalah pendapat yang keliru. Pada saat pelaksanaan seleksi penerimaan baru
tingkat SMA/SMK yang diadu dengan siswa lain yang menjadi saingan adalah jumlah
nilai dan bukan nilai per mata pelajaran. Dengan logika tersebut, pastilah
langkah yang cerdas jika siswa memaksimalkan nilai mata pelajaran yang dianggap
“mudah” dan cenderung disepelekan tersebut agar mendapatkan jumlah nilai Ujian
Nasional yang tinggi.
Menemukan buku yang berisi materi lengkap
sesuai kebutuhan tidaklah mudah. Banyak siswa atau bahkan guru yang kesulitan
dalam mendapatkan materi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia yang praktis dan
terkumpul dalam sebuah buku. Hal tersebut disebabkan cakupan materi Ujian
nasional Bahasa Indonesia begitu luas, mulai, meliputi kata, kalimat, teks, ejaan,
istilah, dan tanda baca.. Dengan alasan itulah penulis membuat buku Panduan
Soal Ujian Nasional Bahasa Indonesia 2019 ini. Buku ini memuat materi yang relatif lengkap
yang disertai contoh dan penjelasan. Selain itu, buku ini juga memuat latihan
soal Ujian Nasional Tahun 2016 s.d. 2018, langkah-langkah mengerjakan, dan
pembahasaannya. Penulis sengaja menjadikan soal Ujian Nasional tiga tahun
terakhir tersebut sebagai contoh dan pembahasan dengan pertimbangan materi
Ujian Nasional Mata Pelajaran Bahasa Indonesia tahun 2019 tidak akan jauh
berbeda dengan soal-soal tersebut.
Kami akan mengupload secara berkala 24 tema yang meliputi 81 SKL Ujian Bahasa Indonesia. Selain itu bagi sekolah yang tidak punyai file soal UN karena tahun lalu sudah UNBK, saya akan postingkan soal UN 2016, 2017, dan 2018, serta Prediksi materi UN 2019 sebanyak dua paket. Seluruh soal yang terdiri atas lima paket tersebut sudah dalam bentuk file dokumen sehingga tidak perlu di-konvert,
Sebagai gambaranm berikut ini saya lamprkan daftar isi panduan mengerjakan soal UN Bahasa Indonesia dan materi, contoh, penjelasan, dan soal UN serta pembahasannya.
TEMA
1
Letak Kalimat Utama
Gagasan Utama
Simpulan Paragraf
Ringkasan Teks
Letak Kalimat Tidak Padu
Perbaikan Teks Tidak padu.
Langkah Mengerjakan Soal, Soal UN, dan
Pembahasan
TEMA
2
Keistimewaan Tokoh
Keteladanan Tokoh
Pendapat Penulis Terhadap Tokoh
Langkah Mengerjakan Soal, Soal UN, dan
Pembahasan
TEMA
3
Pernyataan Sesuai Isi Teks
Pertanyaan Sesuai Isi Teks
Peristiwa
Langkah Mengerjakan Soal, Soal UN, dan
Pembahasan
TEMA
4
Teks Laporan Sesuai Data.
Urutan Kalimat Laporan
Langkah Mengerjakan Soal, Soal UN, dan
Pembahasa
TEMA
5
Menulis Resensi Sesuai Data Buku
Pernyataan Simpulan Resensi
Langkah Mengerjakan Soal, Soal UN, dan
Pembahasa
TEMA
6
Perbaikan kata
Kata/ Kata Bentukan
Kata Ulang
Kata Hubung/Konjungsi
Kata Depan/Preposisi
Kata Sandang
Kata Seru
Kata Tunjuk
Teks Rumpang
Langkah Mengerjakan Soal, Soal UN, dan
Pembahasan
TEMA
7
Urutan Kalimat Petunjuk
Kalimat Petunjuk Rumpang
Tujuan Kalimat Petunjuk
Langkah Mengerjakan Soal, Soal UN, dan Pembahasan
TEMA
8
Kalimat Persetujuan/pertidaksetujuan
Kalimat Mendukung/tTidak Mendukung
Pendapat/Argumentasi Pendukung
Langkah Mengerjakan Soal, Soal UN, dan
Pembahasan
TEMA
9
Kalimat Sebab-Akibat
Kalimat Pertentangan
Kalimat Perbandingan
Kalimat Pengandaian
Kalimat Pengabungan
Kalimat Pemilihan
Kalimat Umum-Khusus/Khusus-Umum
Langkah Mengerjakan Soal, Soal UN, dan
Pembahasan
TEMA
10
Variasi Kata/kalimat
Teks Sepadan
Maksud kalimat
Langkah Mengerjakan Soal, Soal UN, dan
Pembahasan
TEMA 11
Keunggulan
Sebuah Karya Kebahasaan
Keunggulan
Sebuah Karya Sastra
Kelemahan
Sebuah Karya
Langkah Mengerjakan Soal, Soal UN, dan
Pembahasan
TEMA 12
Penulisan Ulang Teks Cerpen
Penulisan Ulang Teks Drama
Langkah Mengerjakan Soal, Soal UN, dan
Pembahasan
TEMA 13
Pola Penyajian Teks Kebahasaaan
Pola pengembangan teks Sastra
Perbedaan Bahasa Teks Kebahasaaan
Perbedaan Bahasa Teks Sastra
Langkah Mengerjakan Soal, Soal UN, dan
Pembahasan
TEMA
14
Konflik
Penyebab konflik
Akibat konflik
Langkah Mengerjakan Soal, Soal UN, dan
Pembahasan
TEMA
15
Amanat
Nilai Moral
Perbedaan Nilai Moral
Tindakan terpuji
Langkah Mengerjakan Soal, Soal UN, dan
Pembahasan
TEMA
16
Latar Suasana
Latar Tempat
Bukti Latar
Langkah Mengerjakan Soal, Soal UN, dan Pembahasan
TEMA
17
Watak
Bu kti Watak
Cara Penggambaran Watak
TEMA
18
Makna simbol
Ungkapan
Komentar
Langkah Mengerjakan Soal, Soal UN, dan
Pembahasan
TEMA
19
Tahapan Alur Bagian Perkenalan
Tahapan Alur Bagian Permasalahan
Tahapan Alur Bagian Perumitan
Tahapan Pengakhiran
Langkah Mengerjakan Soal, Soal UN, dan
Pembahasan
TEMA
20
Tanda
Baca
Tnda Baca Tidak Tepat
Tanda Baca Tepat
Perbaikan Tanda Baca
Alasan Kesalahan Tanda Baca
Langkah Mengerjakan Soal, Soal UN, dan
Pembahasan
TEMA
21
Huruf Kapital
Ejaan
Hurup Kapital Tepat/Tidak Tepat
Perbaikan Hurup Kapital
Alasan Kesalahan Hurup Kapital
Ejaan Tepat/Tidak Tepat
Perbaikan Ejaan
Langkah Mengerjakan Soal, Soal UN, dan
Pembahasan
TEMA
22
Kalimat Efektif dan Tidak Efektif
Perbaikan Kalimat Tidak Efektif
Alasan ketidakefektifan kalimat
Langkah Mengerjakan Soal, Soal UN, dan
Pembahasan
TEMA 23
Kata
Baku dan Tak baku
Ejaan
Langkah Mengerjakan Soal, Soal UN, dan
Pembahasan
TEMA 24
Istilah
Langkah Mengerjakan Soal, Soal UN, dan
Pembahasan
Soal Ujian Nasional Tahun 2016
Soal Ujian Nasional Tahun 2017
Soal Ujian Nasional Tahun 2018
Prediksi 1 Soal Ujian Nasional Tahun
2019
Prediksi 2 Soal Ujian Nasional Tahun
2019
Kunci
Jawaban
TEMA 1
1.
Letak Kalimat
Utama
Letak kalimat utama ditentukan oleh
gagasan penjelasnya. Letak kalimat utama pada kalimat pertama jika kalimat
kedua, ketiga, dan keempat menjelaskan gagasan kalimat pertama. Letak kalimat
utama pada kalimat keempat jika kalimat pertama, kedua, dan ketiga menjelaskan gagasan
kalimat keempat.
Contoh 1
(1) Ada beberapa manfaat yang terdapat pada jeruk nipis. (2) Kandungan
vitamin C yang terdapat pada jeruk nipis sangat ampuh mengobati penyakit
sariawan. (3) Selain itu di beberapa daerah, jeruk nipis dimanfaatkan sebagai
penyubur rambut. (4) Bagi pecinta minuman, pasti sangat paham bahwa es air
jeruk nipis sangat nikmat.
Penjelasan:
“Obat sakit sariawan” (kalimat kedua), “penyubur
rambut” (kalimat ketiga) dan “bahan minuman” (kalimat keempat) menjelaskan apa
saja “manfaat jeruk nipis” (gagasan
kalimat pertama.) Letak kalimat utama
pada kalimat (1).
Contoh 2
(1)Mula-mula,
berdoalah sebelum mulai mengerjakan soal. (2) Jangan lupa baca baik-baik
petunjuk mengerjakan soal yang ada, dan. (3) Sebaiknya kerjakan terlebih dahulu
soal yang Kalian anggap mudah. (4) Itulah beberapa petunjuk yang harus
diperhatikan ketika mengerjakan soal UN.
Penjelasan:
“Berdoa” (kalimat pertama), “baca
petunjuk” (kalimat kedua) dan “mulai dari soal yang mudah” (kalimat ketiga)
menjelaskan “beberapa petunjuk yang harus diperhatikan saat mengerjakan soal UN”
(gagasan kalimat keempat). Letak kalimat utama adalah kalimat (4).
2.
Gagasan Utama
Gagasan utama adalah gagasan yang
dijelaskan oleh kalimat lain. Gagasan utama biasanya terdiri atas dua
unsur.
· apa dan di mana:
banjir di Jakarta, penyebab kecelakaan kapal di Danau Toba
· apa dan apa:
keunikan kantong semar, penyebab banjir, korban longsor, manfaat kulit telur
·
apa
dan bagaimana : hobi yang mengasyikkan, masakan padang mendunia.
Contoh 1
Di
belakang rumahku terdapat pohon durian. Usianya 25 tahun. Pohon itu ditanam
kakekku waktu ayahku lahir. Hampir setiap tahun pohon itu berbuah lebat.
Penjelasan.
“usia pohon durian” (kalimat kedua), “penanam
pohon durian” (kalimat ketiga), dan “keadaan pohon durian” (kalimat keempat)
menjelaskan “pohon durian di belakang rumahku.”
Gagasan utamanya adalah “Pohon durian di
belakang rumahku” ( apa dan di mana)
Contoh 2
Di
belakang rumahku terdapat pohon durian. Di dekatnya itu ada pohon nangka yang
batangnya besar. Sedang tak jauh dari pohon itu ada serumpun pohon bambu.
Selain itu ada juga pohon kelapa yang sudah tua.
Penjelasan:
“Pohon nangka” (kalimat kedua), “serumpun
pohon bambu” (kalimat ketiga), dan “pohon
kelapa” (kalimat keempat) menjelaskan “pohon-pohon apa saja yang ada di
belakang rumah selain pohon durian” .
Gagasan utamanya adalah “Pohon-pohon di
belakang rumahku” ( apa dan di mana)
Contoh 3
Di belakang rumahku terdapat pohon durian. Di
dekatnya ada kolam ikan lele dengan ukuran cukup besar. Selain itu, ada juga
kandang ayam yang berpagar bambu. Sedangkan berbatasan dengan rumah tetangga,
terdapat selokan yang cukup lebar.
Penjelasan:
“Kolam ikan lele” (kalimat kedua), “kandang
ayam” (kalimat ketiga), dan “selokan” (kalimat keempat) menjelaskan “apa saja
yang ada di belakang rumah selain pohon durian.”
Gagasan utamanya adalah “Keadaan di
belakang rumahku/” ( apa dan di mana)
3.
Simpulan
Paragraf
Kesimpulan adalah sebuah pernyataan yang
isinya mengikat pernyataan-pernyataan lain yang terdapat dalam satu teks. Kesimpulan
dapat berupa gabungan gagasan utama dengan gagasan penjelas yang dianggap
penting.
Contoh
Kegiatan
membaca sangat bermanfaat bagi siapa saja. Apa lagi bagi para pelajar. Dengan
membaca, banyak informasi dan ilmu yang akan didapat. Meskipun begitu, kegiatan
membaca ternyata belum menjadi bagian bagi Bangsa Indonesia. Hanya sedikit yang
mau meluangkan waktunya untuk membaca buku.
Penjelasan:
Gagasan utama paragraf tersebut adalah “Kegiatan
membaca bermanfaat” (kalimat pertama) Kalimat penjelas yang penting (dijelaskan
kalimat penjelas lain) adalah kalimat ketiga, “kegiatan membaca belum menjadi
bagian bagi Bangsa Indonesia”.
Kesimpulan paragraf tersebut adalah “kegiatan
membaca bermanfaat, tetapi belum menjadi
bagian bagi Bangsa Indonesia”. (gabungan kalimat pertama dan ketiga)
4.
Ringkasan Teks
Ringkasan adalah inti dari sebuah teks
yang dapat berupa gagasan utama. Ringkasan sebuah teks yang terdiri atas dua
paragraf dapat berupa gabungan gagasan utama paragraf pertama dan kedua.
Contoh
Masker
wajah memiliki banyak fungsi sesuai dengan jenisnya. Masker lumpur dapat
mengurangi lemak. Masker coklat dapat melembabkan kulit wajah. Masker bengkuang
menghilangkan noda hitam dan membuat kulit wajah lebih berseri. Menggunakan
masker wajah dapat menghaluskan dan menyehatkan wajah.
Agar memberi hasil yang maksimal berikut ini adalah tip yang perlu diperhatikan.
Gunakan secara teratur. Gunakan jenis masker sesuai dengan manfaat yang ingin
kita peroleh. Perhatikan petunjuk pemakaian agar tidak terjadi efek samping
yang tidak diinginkan.
Penjelasan:
“Mengurangi lemak” (kalimat kedua),
“melembabkan kulit” (kalimat ketiga), “menghilangkan
noda hitam dan membuat kulit wajah lebih berseri” (kalimat keempat), dan
“menghaluskan dan menyehatkan wajah”
(kalimat kelima) menjelaskan gagasan utama paragraf yaitu “fungsi
masker” (kalimat pertama)
“Gunakan secara teratur” (kalimat kedua),
“Gunakan jenis masker sesuai dengan manfaat” (kalimat ketiga), dan “perhatikan petunjuk (kalimat
keempat), menjelaskan gagasan utama
paragraf yaitu “tip penggunaan masker” (kalimat pertama)
Ringkasan teks tersebut adalah gabungan
gagasan utama paragraf pertama dan kedua, yaitu “fungsi masker wajah dan cara penggunaannya.”
5.
Letak Kalimat
Tidak Padu
Kalimat tidak padu adalah kalimat yang
isinya tidak menjelaskan gagasan kalimat utama atau gagasan kalimat lain yang
terdapat pada teks tersebut.
Contoh
(1) Pesisir Barat merupakan salah satu
kabupaten yang ada di Provinsi Lampung yang menyimpan surga destinasi wisata.
(2) Provinsi hasil pemekaran dari kabupaten Lampung Barat ini merupakan surga
bagi para pecinta destinasi wisata pantai. (3) Ikan-ikan segar banyak terdapat
di pasar ikan kota Krui yang didapatkan oleh para nelayan setempat. (4) Banyak turis
domestik maupun mancanegara yang mengunjungi pantai-pantai yang ada di
kabupaten ini hanya untuk menikmati keindahan panorama alamnya ataupun hendak
berselancar.
Penjelasan:
“surga
pecinta destinasi wisata pantai” (kalimat kedua) menjelaskan gagasan utama
paragraf yaitu “destinasi wisata di Kabupaten Pesisir Barat” (kalimat pertama).
“menikmati keindahan panorama alamnya ataupun
berselancar” (k.alimat keempat) menjelaskan “destinasi wisata pantai” (kalimat
kedua).
“Ikan-ikan segar di pasar ikan kota Krui”
(kalimat ketiga) tidak menjelaskan gagasan tentang “destinasi wisata” (kalimat
pertama, kedua, atau keempat). Jadi kalimat tidak padu adalah ketiga.
6.
Perbaikan Teks Tidak
Padu.
Kalimat tidak padu adalah kalimat yang
isinya tidak menjelaskan gagasan utama atau gagasan kalimat lain. Untuk
memperbaiki kalimat yang tidak padu, ubahlah kalimat tersebut atau hilangkan.
Contoh
(1) Pesisir Barat merupakan salah satu
kabupaten yang ada di Provinsi Lampung yang menyimpan surga destinasi wisata.
(2) Provinsi hasil pemekaran dari kabupaten Lampung Barat ini merupakan surga
bagi para pecinta destinasi wisata pantai. (3) Ikan-ikan segar banyak terdapat
di pasar ikan kota Krui yang didapatkan oleh para nelayan setempat. (4) Banyak
turis domestik maupun mancanegara yang mengunjungi pantai-pantai yang ada di
kabupaten ini hanya untuk menikmati keindahan panorama alamnya ataupun hendak
berselancar.
Penjelasan:
Agar
padu, kalimat ketiga dihilangkan atau diganti dengan kalimat lain yang
menjelaskan potensi wisata di Kabupaten Pesisir Barat (kalimat 1) atau
menjelaskan destinasi wisata pantai (kalimat 2).
Misalnya,
“selain pasirnya yang putih bersih, ombaknya yang besar merupakan daya tarik
sendiri bagi para pecinta olah raga selancar.”
Kalimat
tersebut selain menjelaskan kalimat kedua tentang wisata pantai, tapi juga dijelaskan
oleh kalimat keempat, yaitu tentang peselancar.
Contoh Soal UN dan Pembahasan
1.
Langkah-Langkah Mengerjakan
Soal Letak Kalimat Utama
(1)
Bacalah
kalimat kedua dan perhatikan gagasan yang terdapat pada kalimat tersebut!
(2)
Carilah
letak gagasan yang dijelaskan oleh kalimat kedua tersebut pada kalimat pertama.
(3) Jika
gagasan kalimat kedua tidak menjelaskan gagasan kalimat pertama, cari pada
kalimat terakhir
(4)
Untuk
menyakinkan, lalukan hal yang sama pada kalimat ketiga.
(5) Jika
kalimat kedua menjelaskan gagasan kalimat pertama, maka letak kalimat
utama pada kalimat pertama.
(6)
Jika
kalimat kedua menjelaskan gagasan kalimat terkhir, maka letak kalimat
utama pada kalimat terakhir (keempat).
Soal UN 2016
(1) Balap Sepeda Tour de Singkarak di Sumatera Barat
memulai debutnya pada awal Juni 2016. (2) Balap sepeda berskala internasional
ini hanya menargetkan 15 tim peserta (3) Selain tim-tim dari Asia, empat tim
Eropa memastikan ikut serta. (4) Panitia penyelenggara juga merencanakan akan
mengundang pembalap kelas dunia.
|
Kalimat utama
paragraf tersebut ditandai dengan nomor ...
A.(1)
B. (2) C. (3) D. (4)
Pembahasan:
“Target 15 tim peserta” (kalimat kedua),
“empat tim Eropa” (kalimat ketiga), dan “akan mengundang pembalap dunia”
(kalimat keempat) menjelaskan gagasan
kalimat pertama, yaitu siapa saja peserta Balap Sepeda Tour de Singkarak di
Sumatera Barat. (Jawaban
A)
Soal UN 2017
(1) Salah satu usaha yang dapat
dilakukan untuk menghambat pemanansan global telah diikrarkan dalam Protokol
Kyoto tahun 1997. (2) Isi protokol itu berkenaan dengan masalah pengurangan
emisi gas efek rumah kaca, (3) Bioenergi adalah salah satu hal yang dapat
dikembangkan sebagai sumber energi pengganti. (4) Sumber energi pengganti iyu
bersifat ramah lingkungan dengan tujuan mengurangi ketergantungan pada bahan
bakar minyak yang mahal dan terbatas.
|
Kalimat
utama paragraf tersebut adalah...
A.
(1)
B. (2) C. (3) D. (4)
Pembahasan:
“Isi protokol itu (kalimat kedua),
menunjuk pada Protokol Kyoto pada kalimat pertama (Jawaban A)
2.
Langkah-Langkah Mengerjakan
Soal Gagasan Utama
(1)
Bacalah kalimat kedua dan perhatikan gagasan yang
terdapat pada kalimat tersebut!
(2)
Carilah letak gagasan yang dijelaskan oleh kalimat
kedua tersebut pada kalimat pertama.
(3) Jika gagasan kalimat kedua tidak menjelaskan gagasan
kalimat pertama, cari pada kalimat terakhir!
(4)
Untuk menyakinkan, lalukan hal yang sama pada kalimat
ketiga!
(5)
Apa yang dijelaskan oleh kalimat kedua dan ketiga
adalah gagasan utamanya.
Soal UN 2016
Penyakit
gigi pada anak dapat berdampak pada kesehatan masa depannya. Salah satunya
adalah struktur gigi yang tak benar karena kerusakan gigi terutama pada gigi
susu. Sementara itu, sakit gigi karena gigi berlubang dapat mengganggu
aktivitas belajar sehingga prestasi pun akan menurun.
|
Gagasan utama
paragraf tersebut adalah ...
A. Dampak penyakit gigi pada
kesehatan.
B. Kerusakan gigi berlubang
mengganggu aktivitas
belajar
C. Sakit gigi
berlubang dianggap hal sepela.
D. Gigi susu
berlubang menjadikan struktur gigi jelek.
Pembahasan:
“struktur gigi yang tak benar” (kalimat
kedua) dan “mengganggu aktivitas belajar” (kalimat ketiga) menjelaskan apa saja
“dampak yang dapat ditimbulkan oleh penyakit gigi” (kalimat pertama) (Jawaban A)
Soal
UN 2017
(1)
Majunya peradapan manusia menuntut semakin banyak aktivitas manusia di muua
bumi. (2) Hampir semua aktivitas tersebut menyebabkan penambahan emisi gas
rumah kaca. (3) hasil penelitian tentang perubahan iklim menyebutkan
penggunaan bahan bakar fosil, seperti minyak bumi, batu bara, dan gas alam
telah menyumbangkan cukup besar pencemaran gas efek rumah kaca. (4) Efek
rumah kaca tersebut berupa karbondioksida yang mempunyai pengaruh besar dalam
proses pemanasan global.
|
Ide
pokok paragraf tersebut adalah....
A.
aktivitas
manusia
B.
kemajuan
teknologi
C.
emisi
gas rumah kaca
D.
akibat
pemanasan global
Pembahasan:
“penambahan emisi gas rumah kaca” (kalimat
kedua) disebabkan oleh “aktivitas manusia” (kalimat pertama) (Jawaban A)
3.
Langkah-Langkah Mengerjakan
Soal Kesimpulan Paragraf
(1)
Tentukan gagasan utamanya!
(2)
Cari pilihan jawaban yang diawali dengan gagasan utama
tersebut!
(3)
Jika hanya terdapat satu pilihan jawaban, itulah
jawaban yang benar.
(4)
Jika terdapat lebih dari satu pilihan jawaban, pilih
jawaban yang berisi gabungan gagasan utama dengan gagasan penjelas yang paling
penting (dijelaskan gagasan penjelas lain).
Soal UN 2016
Penambahan lahan sudah disadari menjadi
kendala dalam pengembangan berbagai sektor. Bertambahnya permintaan lahan
dipengaruhi oleh bertambahnya jumlah penduduk. Selain itu, meningkatnya
kesejahteraan penduduk membutuhkan pengembangan pemukiman untuk tempat
tinggal dan pengembangan industri untuk mencukupi kebutuhan hidup.
|
Simpulan isi
paragraf tersebut adalah....
A.
Sektor
industri tidak berkembang karena ketidaksiapan infrastruktur.
B.
Pembangunan
kawasan industri membantu pembangunan infrastruktur.
C.
Dibutuhkan
lahan untuk mencapai kesejahteraan pangan.
D.
Penambahan
lahan dipengaruhi oleh jumlah penduduk dan tingkat kesejahteraan.
Pembahasan:
Gagasan utama paragraf tersebut adalah “kendala
penambahan lahan” (kalimat pertama) Pilihan jawaban yang diawali dengan
kalimat tersebut hanya satu, yaitu D. Kalimat penjelas yang penting adalah
“bertambahnya jumlah penduduk” (kalimat kedua) dan “meningkatnya kesejahteraan”
(kalimat keempat). Kesimpulan paragraf
tersebut adalah gabungan kalimat pertama, kedua, dan ketiga. (Jawaban D)
Soal UN 2017
Masa Orientasi Sekolah yang sekarang
disebut Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) merupakan kegiatan yang
mengenalkan lingkungan baru kepada siswa baru. Siswa yang mengenal lingkungan
dengan baik akan nyaman di tempat yang baru. Lingkungan yang diperkenalkan
bukan saja lingkungan fisik juga lingkungn sosial. Jangan sampai menjadi
tidak nyaman di tepat baru karena tempat baru menjadi asing baginya.
|
Simpulan
paragraf tersebut adalah....
A.
Lingkungan
yang nyaman dambaan semua siswa.
B.
Adanya
pergantian nama dari MOS menjadi PLS.
C.
Pengenalan
lingkungan baru sangat penting bagi siswa baru.
D.
Lingkungan
sekolah terbagi menjadi dua: lingkungan fisik dan sosial.
Pembahasan:
Gagasan utama teks tersebut adalah tentang “kegiatan
PLS’ (kalimat pertama) dan tujuannya
“membuat siswa menjadi nyaman di tempat baru”.
Kesimpulan paragraf adalah C
1.
Langkah-Langkah Mengerjakan
Soal Ringkasan Teks
(1)
Tentukan gagasan utama paragraf 1 dan 2!
(2)
Cari pilihan jawaban yang merupakan gabungan kedua
gagasan itu!
Soal UN
2017
Sakura atau cherry blossom, bunga nasional Jepang. Bunga ini terdiri atas
ratusan jenis. Periode berbunganya singkat, satu hingga dua minggu. Bunga
sakura berbunga pada musim semi, antara bulan Maret sampai Mei.
Di Jepang, dikenal kiasan “tujuh hari
bunga sakura”. Artinya sakura mulai mekar lalu layu kembali dalam tujuh hari.
Jika dihitung sejak bunga pertama mekar hingga bunga terakhir layu,
membutuhkan waktu setengah bulan.
|
Ringkasan
teks tersebut adalah...
A.
Sakura
bunga khas Jepang yang mekar hanya pada musim semi saja.
B.
Bunga
sakura mempunyai ratusan jenis, mekar antara bulan Maret – Mei.
C.
Sakura
bunga nasional Jepang mempunyai waktu mekar selama tujuh hari.
D.
Bunga
sakura bunga nasional Jepang yang mempunyai masa mekar singkat.
Pembahasan:
Gagasan utama paragraf pertama adalah
“bunga nasional Jepang, sakura”. Gagasan utama paragraf kedua adalah bunga
sakura mekar selama tujuh hari. Ringkasan teks tersebut adalah gabungan gagasan
utama paragraf pertama dan kedua, (Jawaban C)
2.
Langkah-Langkah Mengerjakan
Soal Menentukan Letak Kalimat Tidak Padu
(1)
Tentukan gagasan utamanya!
(2)
Carilah kalimat yang tidak menjelaskan gagasan
utamanya atau kalimat lainnya!
(3)
Kalimat yang tidak menjelaskan gagasan utama atau
gagasan kalimat lainnya adalah kalimat tidak padu!
Soal UN 2016
(1)
Berkebun adalah salah satu kegiatan yang menyenangkan. (2) Berkebun dapat
menyalurkan kegemaran dalam berkreasi berbagai tanaman yang disukai. (3)
Berkebun juga dapat menyalurkan rasa tidak suka terhadap lingkungan sekitar.
(4) Dengan berkebun, kita dapat menciptakan lingkungan yang hijau, indah, dan
asri/ (5). Kebutuhan ini dapat dipenuhi apabila yang ditanam adalah berbagai
macam tanaman sayur dan buah.
|
Kalimat tidak padu adalah....
A. 2 B. 3 C. 4 D. 5
Pembahasan:
“menyalurkan
kegemaran” (kalimat kedua) “menyalurkan rasa tidak suka” (kalimat ketiga) dan
“menciptakan lingkungan yang hijau, indah, dan asri” (kalimat keempat)
menjelaskan alasan mengapa “berkebun menyenangkan” (kalimat pertama). Sedangkan
kalimat kelima tidak menjelaskan kalimat lain. (Jawaban D)
3.
Langkah-Langkah Mengerjakan
Soal Menentukan Perbaikan Kalimat Tidak Padu
(1)
Tentukan gagasan utamanya!
(2)
Carilah pilihan jawaban A,B,C, dan D yang menjelaskan
gagasan utama atau kalimat lainnya!
Soal UN 2017
(1) Pelangi dan efek cahaya lain di
langit disebabkan oleh cahaya yang membias dan menyimpang, menjauhi partikel.
(2) Saat matahari terbenam, langit menjadi merah karena sinar matahari lewat
melalui atmosfer yang jauh lebih tebal daripada ketika matahari berada tinggi
di langit pada siang hari. (3) Pelangi adalah hasil dari pembiasan cahaya. (4)
Pelangi akan tampak pada malam hari.
|
Perbaikan kalimat (4) pada paragraf tersebut adalah..
A. Pelangi akan tampak ketika cuaca mendung atau pada malam
hari.
B. Pelangi tidak akan tampak ketika cuaca cerah, pelangi
kelihatan saat mendung.
C. Oleh karena, pelangi akan tampak pada malam hari atau ketika
cuaca cerah.
D.
Oleh karena, pelangi tidak akan tampak pada
malam hari atau ketika cuaca mendung.
Pembahasan:
Gagasan
utama paragraf tesebut adalah “pelangi muncul akibat pembiasan cahaya” (kalimat
pertama) Pilihan jawaban yang menjelaskan gagasan tersebut
Soal UN 2017
(1) Semua orang tua berharap agar
anaknya menjadi orang. (2) Kesuksesan dapat dilihat dari berbagai cara. (3)
Salah satunya adalah pendidikan yang diperolah anak di sekolah. (4) Oleh
karena itu, banyak orang tua yang ingin anaknya masuk ke sekolah yang baik
|
Agar menjadi teks padu, kalimat yang harus dihilangkan
adalah....
A. 1 B. 2 C. 3 D. 4
Pembahasan:
Kalimat
kedua, ketiga, dan keempat saling menjelaskan. Kalimat yang tidak logis adalah kalimat
pertama. Jawaban A.
Soal UN 2018
(1) Kebersihan sekolah adalah salah
satu faktor terpenting untuk menciptakan kenyamanan, baik di lingkungan rumah
maupun di lingkungan sekitar. (2) Setiap sekolah selalu mengajarkan anak
didiknya untuk menjada kebersihan lingkungan sekolah. (3) Banyak pemerintah
daerah yang mengalokasikan anggarannya untuk menjaga kebersihan di wilayahnya.
(4) Bahkan, kebersihan sekolah banyak dilombakan untuk menarik minat sekolah
agar mereka peduli kebersihan. (5) Cara untuk menjaga kebersihan sekolah, di
antaranya adalah membuang sampah pada tempatnya, menghapus papan tulis, dan
menyapu ruang kelas.
|
Agar menjadi teks padu, kalimat yang harus dihilangkan
adalah....
A. 1 B. 2 C. 3 D. 4
Pembahasan:
Gagasan
utama adalah kebersihan sekolah. Kalimat yang tidak menjelaskan hal itu kalimat
(3) Jawaban C
Tidak ada komentar:
Posting Komentar