Senin, 08 Oktober 2018

Panduan Mengerjakan Soal UN Bahasa Indonesa Kalimat Utama, Ide Pokok, dan Kesimpulan


     Sebagian siswa telah salah dalam menerapkan strategi ketika menghadapi pelaksanaan Ujian Nasional. Mereka terlalu fokus kepada nilai mata pelajaran tertentu sehingga cenderung melupakan peluang untuk mendapatkan jumlah nilai yang tinggi. Bila dibandingkan dengan ketiga mata pelajaran Ujian Nasional yang lain, bahasa Indonesia dianggap yang paling “mudah” sehingga terkadang disepelekan. Pendapat tersebut adalah pendapat yang keliru. Pada saat pelaksanaan seleksi penerimaan baru tingkat SMA/SMK yang diadu dengan siswa lain yang menjadi saingan adalah jumlah nilai dan bukan nilai per mata pelajaran. Dengan logika tersebut, pastilah langkah yang cerdas jika siswa memaksimalkan nilai mata pelajaran yang dianggap “mudah” dan cenderung disepelekan tersebut agar mendapatkan jumlah nilai Ujian Nasional yang tinggi.      
      Menemukan buku yang berisi materi lengkap sesuai kebutuhan tidaklah mudah. Banyak siswa atau bahkan guru yang kesulitan dalam mendapatkan materi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia yang praktis dan terkumpul dalam sebuah buku. Hal tersebut disebabkan cakupan materi Ujian nasional Bahasa Indonesia begitu luas, mulai, meliputi kata, kalimat, teks, ejaan, istilah, dan tanda baca.. Dengan alasan itulah penulis membuat buku Panduan Soal Ujian Nasional Bahasa Indonesia 2019 ini.  Buku ini memuat materi yang relatif lengkap yang disertai contoh dan penjelasan. Selain itu, buku ini juga memuat latihan soal Ujian Nasional Tahun 2016 s.d. 2018, langkah-langkah mengerjakan, dan pembahasaannya. Penulis sengaja menjadikan soal Ujian Nasional tiga tahun terakhir tersebut sebagai contoh dan pembahasan dengan pertimbangan materi Ujian Nasional Mata Pelajaran Bahasa Indonesia tahun 2019 tidak akan jauh berbeda dengan soal-soal tersebut.
    Kami akan mengupload secara berkala 24 tema yang meliputi 81 SKL Ujian Bahasa Indonesia. Selain itu bagi sekolah yang tidak punyai file soal UN karena tahun lalu sudah UNBK, saya akan postingkan soal UN 2016, 2017, dan 2018, serta Prediksi materi UN 2019 sebanyak dua paket. Seluruh soal yang terdiri atas lima paket tersebut sudah dalam bentuk file dokumen sehingga tidak perlu di-konvert,
  Sebagai gambaranm berikut ini saya lamprkan daftar isi panduan mengerjakan soal UN Bahasa Indonesia dan materi, contoh, penjelasan, dan soal UN serta pembahasannya.


TEMA 1
Letak Kalimat Utama                                                                                                                                
Gagasan Utama                                                                                                                                
Simpulan Paragraf                                                                                                                            
Ringkasan Teks                                                                                                                                
Letak Kalimat Tidak Padu                                                                                                              
Perbaikan Teks Tidak padu.                                                                                                             
Langkah Mengerjakan Soal, Soal UN, dan Pembahasan                                                                
TEMA 2                                                                                                                                
Keistimewaan Tokoh                                                                                                                     
Keteladanan Tokoh                                                                                                                          
Pendapat Penulis Terhadap Tokoh                                                                                                 
Langkah Mengerjakan Soal, Soal UN, dan Pembahasan                                                              
TEMA 3                                                                                                                                
Pernyataan Sesuai Isi Teks                                                                                                              
Pertanyaan Sesuai Isi Teks                                                                                                             
Peristiwa                                                                                                                                         
Langkah Mengerjakan Soal, Soal UN, dan Pembahasan                                                                
TEMA 4                                                                                                                                
Teks Laporan Sesuai Data.                                                                                                         
Urutan Kalimat Laporan                                                                                                               
Langkah Mengerjakan Soal, Soal UN, dan Pembahasa                                                                 
TEMA 5                                                                                                                                
Menulis Resensi Sesuai Data Buku                                                                                                
Pernyataan Simpulan Resensi                                                                                                         
Langkah Mengerjakan Soal, Soal UN, dan Pembahasa                                                                  
TEMA 6                                                                                                                                
Perbaikan kata                                                                                                                                 
Kata/ Kata Bentukan                                                                                                                     
Kata Ulang                                                                                                                                     
Kata Hubung/Konjungsi                                                                                                                 
Kata Depan/Preposisi                                                                                                                   
Kata Sandang                                                                                                                                           
Kata Seru                                                                                                                                     
Kata Tunjuk                                                                                                                                  
Teks Rumpang                                                                                                                                
Langkah Mengerjakan Soal, Soal UN, dan Pembahasan                                                              
TEMA 7                                                                                                                    
Urutan Kalimat Petunjuk                                                                                                              
Kalimat Petunjuk Rumpang                                                                                                          
Tujuan Kalimat Petunjuk                                                                                                                
Langkah Mengerjakan Soal, Soal UN, dan Pembahasan                                                                
TEMA 8                                                                                                                                
Kalimat Persetujuan/pertidaksetujuan                                                                                          
Kalimat Mendukung/tTidak Mendukung                                                                                     
Pendapat/Argumentasi Pendukung                                                                                            


Langkah Mengerjakan Soal, Soal UN, dan Pembahasan                                                                
TEMA 9                                                                                                                                
Kalimat Sebab-Akibat                                                                                                                   
Kalimat Pertentangan                                                                                                                     
Kalimat Perbandingan                                                                                                                   
Kalimat Pengandaian                                                                                                                     
Kalimat Pengabungan                                                                                                                    
Kalimat Pemilihan                                                                                                                         
Kalimat Umum-Khusus/Khusus-Umum                                                                                        
Langkah Mengerjakan Soal, Soal UN, dan Pembahasan                                                                
TEMA 10
Variasi Kata/kalimat                                                                                                                       
Teks Sepadan                                                                                                                                 
Maksud kalimat                                                                                                                              
Langkah Mengerjakan Soal, Soal UN, dan Pembahasan                                                               
TEMA 11
Keunggulan Sebuah Karya Kebahasaan                                                                                         
Keunggulan Sebuah Karya Sastra                                                                                                  
Kelemahan Sebuah Karya                                                                                                             
Langkah Mengerjakan Soal, Soal UN, dan Pembahasan                                                              
TEMA 12                                                                                                                              
Penulisan Ulang Teks Cerpen                                                                                                       
Penulisan Ulang Teks Drama                                                                                                        
Langkah Mengerjakan Soal, Soal UN, dan Pembahasan                                                              
TEMA 13                                                                                                                              
Pola Penyajian Teks Kebahasaaan                                                                                                
Pola pengembangan teks Sastra                                                                                                    
Perbedaan Bahasa Teks Kebahasaaan                                                                                           
Perbedaan Bahasa Teks Sastra                                                                                                      
Langkah Mengerjakan Soal, Soal UN, dan Pembahasan                                                              
TEMA 14                                                                                                                              
Konflik                                                                                                                                           
Penyebab konflik                                                                                                                           
Akibat konflik                                                                                                                                
Langkah Mengerjakan Soal, Soal UN, dan Pembahasan                                                               
TEMA 15                                                                                                                              
Amanat                                                                                                                                           
Nilai Moral                                                                                                                                     
Perbedaan Nilai Moral                                                                                                                    
Tindakan terpuji                                                                                                                             
Langkah Mengerjakan Soal, Soal UN, dan Pembahasan                                                               
TEMA 16                                                                                                                              
Latar Suasana                                                                                                                                  
Latar Tempat                                                                                                                                   
Bukti Latar                                                                                                                                         
Langkah Mengerjakan Soal, Soal UN, dan Pembahasan                                                               

TEMA 17
Watak                                                                                                                                              
Bu kti Watak                                                                                                                                   
Cara Penggambaran Watak                                                                                                            
TEMA 18
Makna simbol                                                                                                                                
Ungkapan                                                                                                                                       
Komentar                                                                                                                                        
Langkah Mengerjakan Soal, Soal UN, dan Pembahasan                                                               
TEMA 19
Tahapan Alur Bagian Perkenalan                                                                                                   
Tahapan Alur Bagian Permasalahan                                                                                               
Tahapan Alur Bagian Perumitan                                                                                                    
Tahapan Pengakhiran                                                                                                                      
Langkah Mengerjakan Soal, Soal UN, dan Pembahasan                                                               
TEMA 20                                                                                                                              
Tanda Baca                                                                                                                                     
Tnda Baca Tidak Tepat                                                                                                                  
Tanda Baca Tepat                                                                                                                           
Perbaikan Tanda Baca                                                                                                                   
Alasan Kesalahan Tanda Baca                                                                                                       
Langkah Mengerjakan Soal, Soal UN, dan Pembahasan                                                               
TEMA 21                                                                                                                              
Huruf Kapital                                                                                                                                  
Ejaan                                                                                                                                              
Hurup Kapital Tepat/Tidak Tepat                                                                                                   
Perbaikan Hurup Kapital                                                                                                               
Alasan Kesalahan Hurup Kapital                                                                                                  
Ejaan Tepat/Tidak Tepat                                                                                                                
Perbaikan Ejaan                                                                                                                             
Langkah Mengerjakan Soal, Soal UN, dan Pembahasan                                                               
TEMA 22                                                                                                                              
Kalimat Efektif dan  Tidak Efektif                                                                                                
Perbaikan Kalimat Tidak Efektif                                                                                                   
Alasan ketidakefektifan kalimat                                                                                                     
Langkah Mengerjakan Soal, Soal UN, dan Pembahasan                                                               
TEMA 23
Kata Baku dan Tak baku                                                                                                                
Ejaan                                                                                                                                             
Langkah Mengerjakan Soal, Soal UN, dan Pembahasan                                                              
TEMA 24                                                                                                                              
Istilah                                                                                                                                             
Langkah Mengerjakan Soal, Soal UN, dan Pembahasan                                                               
Soal Ujian Nasional Tahun 2016                                                                                                 
Soal Ujian Nasional Tahun 2017                                                                                                 
Soal Ujian Nasional Tahun 2018                                                                                                 
Prediksi 1 Soal Ujian Nasional Tahun 2019                                                                              
Prediksi 2 Soal Ujian Nasional Tahun 2019                                                                             
Kunci Jawaban   


TEMA 1

1.    Letak Kalimat Utama
     Letak kalimat utama ditentukan oleh gagasan penjelasnya. Letak kalimat utama pada kalimat pertama jika kalimat kedua, ketiga, dan keempat menjelaskan gagasan kalimat pertama. Letak kalimat utama pada kalimat keempat jika kalimat pertama, kedua, dan ketiga menjelaskan gagasan kalimat keempat.
Contoh 1
     (1) Ada beberapa manfaat yang terdapat pada jeruk nipis. (2) Kandungan vitamin C yang terdapat pada jeruk nipis sangat ampuh mengobati penyakit sariawan. (3) Selain itu di beberapa daerah, jeruk nipis dimanfaatkan sebagai penyubur rambut. (4) Bagi pecinta minuman, pasti sangat paham bahwa es air jeruk nipis sangat nikmat.
Penjelasan:
     “Obat sakit sariawan” (kalimat kedua), “penyubur rambut” (kalimat ketiga) dan “bahan minuman” (kalimat keempat) menjelaskan apa saja “manfaat jeruk nipis”  (gagasan kalimat pertama.)  Letak kalimat utama pada kalimat (1).
Contoh 2
     (1)Mula-mula, berdoalah sebelum mulai mengerjakan soal. (2) Jangan lupa baca baik-baik petunjuk mengerjakan soal yang ada, dan. (3) Sebaiknya kerjakan terlebih dahulu soal yang Kalian anggap mudah. (4) Itulah beberapa petunjuk yang harus diperhatikan ketika mengerjakan soal UN.
Penjelasan:
     Berdoa” (kalimat pertama), “baca petunjuk” (kalimat kedua) dan “mulai dari soal yang mudah” (kalimat ketiga) menjelaskan “beberapa petunjuk yang harus diperhatikan saat mengerjakan soal UN” (gagasan kalimat keempat). Letak kalimat utama adalah kalimat (4).
                                                                                                                      
2.    Gagasan Utama
     Gagasan utama adalah gagasan yang dijelaskan oleh kalimat lain. Gagasan utama biasanya terdiri atas dua unsur. 
·      apa dan di mana: banjir di Jakarta, penyebab kecelakaan kapal di Danau Toba
·      apa dan apa: keunikan kantong semar, penyebab banjir, korban longsor, manfaat kulit telur
·      apa dan bagaimana : hobi yang mengasyikkan, masakan padang mendunia.
Contoh 1
     Di belakang rumahku terdapat pohon durian. Usianya 25 tahun. Pohon itu ditanam kakekku waktu ayahku lahir. Hampir setiap tahun pohon itu berbuah lebat.
Penjelasan.
     “usia pohon durian” (kalimat kedua), “penanam pohon durian” (kalimat ketiga), dan “keadaan pohon durian” (kalimat keempat) menjelaskan “pohon durian di belakang rumahku.”
     Gagasan utamanya adalah “Pohon durian di belakang rumahku” ( apa dan di mana)
Contoh 2
     Di belakang rumahku terdapat pohon durian. Di dekatnya itu ada pohon nangka yang batangnya besar. Sedang tak jauh dari pohon itu ada serumpun pohon bambu. Selain itu ada juga pohon kelapa yang sudah tua.
Penjelasan:
     “Pohon nangka” (kalimat kedua), “serumpun pohon bambu” (kalimat ketiga), dan  “pohon kelapa” (kalimat keempat) menjelaskan “pohon-pohon apa saja yang ada di belakang rumah selain pohon durian” .
     Gagasan utamanya adalah “Pohon-pohon di belakang rumahku” ( apa dan di mana)
 Contoh 3
      Di belakang rumahku terdapat pohon durian. Di dekatnya ada kolam ikan lele dengan ukuran cukup besar. Selain itu, ada juga kandang ayam yang berpagar bambu. Sedangkan berbatasan dengan rumah tetangga, terdapat selokan yang cukup lebar.
Penjelasan:
     “Kolam ikan lele” (kalimat kedua), “kandang ayam” (kalimat ketiga), dan “selokan” (kalimat keempat) menjelaskan “apa saja yang ada di belakang rumah selain pohon durian.”  
     Gagasan utamanya adalah “Keadaan di belakang rumahku/” ( apa dan di mana)
3.    Simpulan Paragraf
     Kesimpulan adalah sebuah pernyataan yang isinya mengikat pernyataan-pernyataan lain yang terdapat dalam satu teks. Kesimpulan dapat berupa gabungan gagasan utama dengan gagasan penjelas yang dianggap penting.
Contoh
     Kegiatan membaca sangat bermanfaat bagi siapa saja. Apa lagi bagi para pelajar. Dengan membaca, banyak informasi dan ilmu yang akan didapat. Meskipun begitu, kegiatan membaca ternyata belum menjadi bagian bagi Bangsa Indonesia. Hanya sedikit yang mau meluangkan waktunya untuk membaca buku.
Penjelasan:    
     Gagasan utama paragraf tersebut adalah “Kegiatan membaca bermanfaat” (kalimat pertama)  Kalimat penjelas yang penting (dijelaskan kalimat penjelas lain) adalah kalimat ketiga, “kegiatan membaca belum menjadi bagian bagi Bangsa Indonesia”.
     Kesimpulan paragraf tersebut adalah “kegiatan membaca bermanfaat,  tetapi belum menjadi bagian bagi Bangsa Indonesia”. (gabungan kalimat pertama dan ketiga)
4.    Ringkasan Teks
     Ringkasan adalah inti dari sebuah teks yang dapat berupa gagasan utama. Ringkasan sebuah teks yang terdiri atas dua paragraf dapat berupa gabungan gagasan utama paragraf pertama dan kedua.
Contoh
     Masker wajah memiliki banyak fungsi sesuai dengan jenisnya. Masker lumpur dapat mengurangi lemak. Masker coklat dapat melembabkan kulit wajah. Masker bengkuang menghilangkan noda hitam dan membuat kulit wajah lebih berseri. Menggunakan masker wajah dapat menghaluskan dan menyehatkan wajah.
     Agar memberi hasil yang maksimal berikut ini adalah tip yang perlu diperhatikan. Gunakan secara teratur. Gunakan jenis masker sesuai dengan manfaat yang ingin kita peroleh. Perhatikan petunjuk pemakaian agar tidak terjadi efek samping yang tidak diinginkan.
Penjelasan:
     “Mengurangi lemak” (kalimat kedua), “melembabkan kulit” (kalimat ketiga),  “menghilangkan noda hitam dan membuat kulit wajah lebih berseri” (kalimat keempat), dan “menghaluskan dan menyehatkan wajah”  (kalimat kelima) menjelaskan gagasan utama paragraf yaitu “fungsi masker” (kalimat pertama)
     “Gunakan secara teratur” (kalimat kedua), “Gunakan jenis masker sesuai dengan manfaat” (kalimat ketiga),  dan “perhatikan petunjuk (kalimat keempat),  menjelaskan gagasan utama paragraf yaitu “tip penggunaan masker” (kalimat pertama)
     Ringkasan teks tersebut adalah gabungan gagasan utama paragraf pertama dan kedua, yaitu “fungsi masker  wajah dan cara penggunaannya.”
5.    Letak Kalimat Tidak Padu
     Kalimat tidak padu adalah kalimat yang isinya tidak menjelaskan gagasan kalimat utama atau gagasan kalimat lain yang terdapat pada teks tersebut.
Contoh
     (1) Pesisir Barat merupakan salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Lampung yang menyimpan surga destinasi wisata. (2) Provinsi hasil pemekaran dari kabupaten Lampung Barat ini merupakan surga bagi para pecinta destinasi wisata pantai. (3) Ikan-ikan segar banyak terdapat di pasar ikan kota Krui yang didapatkan oleh para nelayan setempat. (4) Banyak turis domestik maupun mancanegara yang mengunjungi pantai-pantai yang ada di kabupaten ini hanya untuk menikmati keindahan panorama alamnya ataupun hendak berselancar.
Penjelasan:
     “surga pecinta destinasi wisata pantai” (kalimat kedua) menjelaskan gagasan utama paragraf yaitu “destinasi wisata di Kabupaten Pesisir Barat” (kalimat pertama).
   “menikmati keindahan panorama alamnya ataupun berselancar” (k.alimat keempat) menjelaskan “destinasi wisata pantai” (kalimat kedua).
     “Ikan-ikan segar di pasar ikan kota Krui” (kalimat ketiga) tidak menjelaskan gagasan tentang “destinasi wisata” (kalimat pertama, kedua, atau keempat). Jadi kalimat tidak padu adalah ketiga.
6.    Perbaikan Teks Tidak Padu.
     Kalimat tidak padu adalah kalimat yang isinya tidak menjelaskan gagasan utama atau gagasan kalimat lain. Untuk memperbaiki kalimat yang tidak padu, ubahlah kalimat tersebut atau hilangkan.
Contoh
     (1) Pesisir Barat merupakan salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Lampung yang menyimpan surga destinasi wisata. (2) Provinsi hasil pemekaran dari kabupaten Lampung Barat ini merupakan surga bagi para pecinta destinasi wisata pantai. (3) Ikan-ikan segar banyak terdapat di pasar ikan kota Krui yang didapatkan oleh para nelayan setempat. (4) Banyak turis domestik maupun mancanegara yang mengunjungi pantai-pantai yang ada di kabupaten ini hanya untuk menikmati keindahan panorama alamnya ataupun hendak berselancar.
Penjelasan:
     Agar padu, kalimat ketiga dihilangkan atau diganti dengan kalimat lain yang menjelaskan potensi wisata di Kabupaten Pesisir Barat (kalimat 1) atau menjelaskan destinasi wisata pantai (kalimat 2).
     Misalnya, “selain pasirnya yang putih bersih, ombaknya yang besar merupakan daya tarik sendiri bagi para pecinta olah raga selancar.”
     Kalimat tersebut selain menjelaskan kalimat kedua tentang wisata pantai, tapi juga dijelaskan oleh kalimat keempat, yaitu tentang peselancar.

Contoh Soal UN dan Pembahasan


1.    Langkah-Langkah Mengerjakan Soal Letak Kalimat Utama
(1)     Bacalah kalimat kedua dan perhatikan gagasan yang terdapat pada kalimat tersebut!
(2)     Carilah letak gagasan yang dijelaskan oleh kalimat kedua tersebut pada kalimat pertama.
(3)  Jika gagasan kalimat kedua tidak menjelaskan gagasan kalimat pertama, cari pada kalimat terakhir
(4)     Untuk menyakinkan, lalukan hal yang sama pada kalimat ketiga.
(5)  Jika kalimat kedua menjelaskan gagasan kalimat pertama, maka letak kalimat utama  pada kalimat pertama.
(6)    Jika kalimat kedua menjelaskan gagasan kalimat terkhir, maka letak kalimat utama  pada kalimat terakhir (keempat).
Soal UN 2016
(1) Balap Sepeda Tour de Singkarak di Sumatera Barat memulai debutnya pada awal Juni 2016. (2) Balap sepeda berskala internasional ini hanya menargetkan 15 tim peserta (3) Selain tim-tim dari Asia, empat tim Eropa memastikan ikut serta. (4) Panitia penyelenggara juga merencanakan akan mengundang pembalap kelas dunia.
Kalimat utama paragraf tersebut ditandai dengan nomor ...
A.(1)           B. (2)        C. (3)        D. (4)
Pembahasan:
     “Target 15 tim peserta” (kalimat kedua), “empat tim Eropa” (kalimat ketiga), dan “akan mengundang pembalap dunia” (kalimat keempat)  menjelaskan gagasan kalimat pertama, yaitu siapa saja peserta Balap Sepeda Tour de Singkarak di Sumatera Barat. (Jawaban A)
Soal UN 2017
     (1) Salah satu usaha yang dapat dilakukan untuk menghambat pemanansan global telah diikrarkan dalam Protokol Kyoto tahun 1997. (2) Isi protokol itu berkenaan dengan masalah pengurangan emisi gas efek rumah kaca, (3) Bioenergi adalah salah satu hal yang dapat dikembangkan sebagai sumber energi pengganti. (4) Sumber energi pengganti iyu bersifat ramah lingkungan dengan tujuan mengurangi ketergantungan pada bahan bakar minyak yang mahal dan terbatas.
Kalimat utama paragraf tersebut adalah...
A. (1)        B. (2)          C. (3)    D. (4)
Pembahasan:
“Isi protokol itu (kalimat kedua), menunjuk pada Protokol Kyoto pada kalimat pertama (Jawaban A)
2.    Langkah-Langkah Mengerjakan Soal Gagasan Utama
(1)     Bacalah kalimat kedua dan perhatikan gagasan yang terdapat pada kalimat tersebut!
(2)     Carilah letak gagasan yang dijelaskan oleh kalimat kedua tersebut pada kalimat pertama.
(3)  Jika gagasan kalimat kedua tidak menjelaskan gagasan kalimat pertama, cari pada kalimat terakhir!
(4)     Untuk menyakinkan, lalukan hal yang sama pada kalimat ketiga!
(5)     Apa yang dijelaskan oleh kalimat kedua dan ketiga adalah gagasan utamanya.
Soal UN 2016
     Penyakit gigi pada anak dapat berdampak pada kesehatan masa depannya. Salah satunya adalah struktur gigi yang tak benar karena kerusakan gigi terutama pada gigi susu. Sementara itu, sakit gigi karena gigi berlubang dapat mengganggu aktivitas belajar sehingga prestasi pun akan menurun.
Gagasan utama paragraf  tersebut adalah ...
A.  Dampak penyakit gigi pada kesehatan.
B.  Kerusakan gigi berlubang mengganggu aktivitas belajar
C.  Sakit gigi berlubang dianggap hal sepela.
D.  Gigi susu berlubang menjadikan struktur gigi jelek.
Pembahasan:
     “struktur gigi yang tak benar” (kalimat kedua) dan “mengganggu aktivitas belajar” (kalimat ketiga) menjelaskan apa saja “dampak yang dapat ditimbulkan oleh penyakit gigi” (kalimat pertama) (Jawaban A)
Soal UN 2017
    (1) Majunya peradapan manusia menuntut semakin banyak aktivitas manusia di muua bumi. (2) Hampir semua aktivitas tersebut menyebabkan penambahan emisi gas rumah kaca. (3) hasil penelitian tentang perubahan iklim menyebutkan penggunaan bahan bakar fosil, seperti minyak bumi, batu bara, dan gas alam telah menyumbangkan cukup besar pencemaran gas efek rumah kaca. (4) Efek rumah kaca tersebut berupa karbondioksida yang mempunyai pengaruh besar dalam proses pemanasan global.
Ide pokok paragraf tersebut adalah....
A.  aktivitas manusia 
B.  kemajuan teknologi
C.  emisi gas rumah kaca
D. akibat pemanasan global
Pembahasan:
    “penambahan emisi gas rumah kaca” (kalimat kedua) disebabkan oleh “aktivitas manusia” (kalimat pertama) (Jawaban A)
3.    Langkah-Langkah Mengerjakan Soal Kesimpulan Paragraf
(1)     Tentukan gagasan utamanya!
(2)     Cari pilihan jawaban yang diawali dengan gagasan utama tersebut!
(3)     Jika hanya terdapat satu pilihan jawaban, itulah jawaban yang benar.
(4)     Jika terdapat lebih dari satu pilihan jawaban, pilih jawaban yang berisi gabungan gagasan utama dengan gagasan penjelas yang paling penting (dijelaskan gagasan penjelas lain).
Soal UN 2016
     Penambahan lahan sudah disadari menjadi kendala dalam pengembangan berbagai sektor. Bertambahnya permintaan lahan dipengaruhi oleh bertambahnya jumlah penduduk. Selain itu, meningkatnya kesejahteraan penduduk membutuhkan pengembangan pemukiman untuk tempat tinggal dan pengembangan industri untuk mencukupi kebutuhan hidup.
Simpulan isi paragraf tersebut adalah....
A.      Sektor industri tidak berkembang karena ketidaksiapan infrastruktur.
B.       Pembangunan kawasan industri membantu pembangunan infrastruktur.
C.       Dibutuhkan lahan untuk mencapai kesejahteraan pangan.
D.       Penambahan lahan dipengaruhi oleh jumlah penduduk dan tingkat kesejahteraan.
Pembahasan:
     Gagasan utama paragraf tersebut adalah “kendala penambahan lahan” (kalimat pertama)  Pilihan jawaban yang diawali dengan kalimat tersebut hanya satu, yaitu D. Kalimat penjelas yang penting adalah “bertambahnya jumlah penduduk” (kalimat kedua) dan “meningkatnya kesejahteraan” (kalimat keempat).  Kesimpulan paragraf tersebut adalah gabungan kalimat pertama, kedua, dan ketiga. (Jawaban D)

Soal UN 2017
     Masa Orientasi Sekolah yang sekarang disebut Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) merupakan kegiatan yang mengenalkan lingkungan baru kepada siswa baru. Siswa yang mengenal lingkungan dengan baik akan nyaman di tempat yang baru. Lingkungan yang diperkenalkan bukan saja lingkungan fisik juga lingkungn sosial. Jangan sampai menjadi tidak nyaman di tepat baru karena tempat baru menjadi asing baginya.
Simpulan paragraf tersebut adalah....
A.    Lingkungan yang nyaman dambaan semua siswa.
B.     Adanya pergantian nama dari MOS menjadi PLS.
C.     Pengenalan lingkungan baru sangat penting bagi siswa baru.
D.    Lingkungan sekolah terbagi menjadi dua: lingkungan fisik dan sosial.
Pembahasan:
    Gagasan utama teks tersebut adalah tentang “kegiatan PLS’ (kalimat pertama)  dan tujuannya “membuat siswa menjadi nyaman di tempat baru”.  Kesimpulan paragraf adalah C
1.    Langkah-Langkah Mengerjakan Soal Ringkasan Teks
(1)     Tentukan gagasan utama paragraf 1 dan 2!
(2)     Cari pilihan jawaban yang merupakan gabungan kedua gagasan itu!
Soal UN 2017  
     Sakura atau cherry blossom, bunga nasional Jepang. Bunga ini terdiri atas ratusan jenis. Periode berbunganya singkat, satu hingga dua minggu. Bunga sakura berbunga pada musim semi, antara bulan Maret sampai Mei.
      Di Jepang, dikenal kiasan “tujuh hari bunga sakura”. Artinya sakura mulai mekar lalu layu kembali dalam tujuh hari. Jika dihitung sejak bunga pertama mekar hingga bunga terakhir layu, membutuhkan waktu setengah bulan.
 Ringkasan teks tersebut adalah...
A.  Sakura bunga khas Jepang yang mekar hanya pada musim semi saja.
B.  Bunga sakura mempunyai ratusan jenis, mekar antara bulan Maret – Mei.
C.  Sakura bunga nasional Jepang mempunyai waktu mekar selama tujuh hari.
D.  Bunga sakura bunga nasional Jepang yang mempunyai masa mekar singkat.
Pembahasan:
     Gagasan utama paragraf pertama adalah “bunga nasional Jepang, sakura”. Gagasan utama paragraf kedua adalah bunga sakura mekar selama tujuh hari. Ringkasan teks tersebut adalah gabungan gagasan utama paragraf pertama dan kedua, (Jawaban C)
2.    Langkah-Langkah Mengerjakan Soal Menentukan Letak Kalimat Tidak Padu
(1)     Tentukan gagasan utamanya!
(2)     Carilah kalimat yang tidak menjelaskan gagasan utamanya atau kalimat lainnya!
(3)     Kalimat yang tidak menjelaskan gagasan utama atau gagasan kalimat lainnya adalah kalimat tidak padu!
Soal UN 2016
(1) Berkebun adalah salah satu kegiatan yang menyenangkan. (2) Berkebun dapat menyalurkan kegemaran dalam berkreasi berbagai tanaman yang disukai. (3) Berkebun juga dapat menyalurkan rasa tidak suka terhadap lingkungan sekitar. (4) Dengan berkebun, kita dapat menciptakan lingkungan yang hijau, indah, dan asri/ (5). Kebutuhan ini dapat dipenuhi apabila yang ditanam adalah berbagai macam tanaman sayur dan buah.
Kalimat tidak padu adalah....
A. 2                 B. 3        C. 4              D. 5

Pembahasan:
     “menyalurkan kegemaran” (kalimat kedua) “menyalurkan rasa tidak suka” (kalimat ketiga) dan “menciptakan lingkungan yang hijau, indah, dan asri” (kalimat keempat) menjelaskan alasan mengapa “berkebun menyenangkan” (kalimat pertama). Sedangkan kalimat kelima tidak menjelaskan kalimat lain. (Jawaban D)
3.    Langkah-Langkah Mengerjakan Soal Menentukan Perbaikan Kalimat Tidak Padu
(1)     Tentukan gagasan utamanya!
(2)     Carilah pilihan jawaban A,B,C, dan D yang menjelaskan gagasan utama atau kalimat lainnya!
Soal UN 2017
     (1) Pelangi dan efek cahaya lain di langit disebabkan oleh cahaya yang membias dan menyimpang, menjauhi partikel. (2) Saat matahari terbenam, langit menjadi merah karena sinar matahari lewat melalui atmosfer yang jauh lebih tebal daripada ketika matahari berada tinggi di langit pada siang hari. (3) Pelangi adalah hasil dari pembiasan cahaya. (4) Pelangi akan tampak pada malam hari.
Perbaikan kalimat (4) pada paragraf tersebut adalah..
A.  Pelangi akan tampak ketika cuaca mendung atau pada malam hari.
B.  Pelangi tidak akan tampak ketika cuaca cerah, pelangi kelihatan saat mendung.
C.  Oleh karena, pelangi akan tampak pada malam hari atau ketika cuaca cerah.
D.  Oleh karena, pelangi tidak akan tampak pada malam hari atau ketika cuaca mendung.
Pembahasan:
     Gagasan utama paragraf tesebut adalah “pelangi muncul akibat pembiasan cahaya” (kalimat pertama) Pilihan jawaban yang menjelaskan gagasan tersebut
Soal UN 2017
(1) Semua orang tua berharap agar anaknya menjadi orang. (2) Kesuksesan dapat dilihat dari berbagai cara. (3) Salah satunya adalah pendidikan yang diperolah anak di sekolah. (4) Oleh karena itu, banyak orang tua yang ingin anaknya masuk ke sekolah yang baik

Agar menjadi teks padu, kalimat yang harus dihilangkan adalah....
A. 1                 B. 2        C. 3              D. 4
Pembahasan:                                             Kalimat kedua, ketiga, dan keempat saling menjelaskan. Kalimat yang tidak logis adalah kalimat pertama. Jawaban A.
Soal UN 2018
(1) Kebersihan sekolah adalah salah satu faktor terpenting untuk menciptakan kenyamanan, baik di lingkungan rumah maupun di lingkungan sekitar. (2) Setiap sekolah selalu mengajarkan anak didiknya untuk menjada kebersihan lingkungan sekolah. (3) Banyak pemerintah daerah yang mengalokasikan anggarannya untuk menjaga kebersihan di wilayahnya. (4) Bahkan, kebersihan sekolah banyak dilombakan untuk menarik minat sekolah agar mereka peduli kebersihan. (5) Cara untuk menjaga kebersihan sekolah, di antaranya adalah membuang sampah pada tempatnya, menghapus papan tulis, dan menyapu ruang kelas.
Agar menjadi teks padu, kalimat yang harus dihilangkan adalah....
A. 1                 B. 2        C. 3              D. 4
Pembahasan:                                             
 Gagasan utama adalah kebersihan sekolah. Kalimat yang tidak menjelaskan hal itu kalimat (3)  Jawaban C




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pernyataan dan Pertanyaan Sesuai Teks

1.     Pernyataan Sesuai Isi Teks      Pernyataan yang sesuai adalah pernyataan yang isinya sesuai dengan teks bacaan      Pemain as...